Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) merilis jumlah investor aset kripto di Indonesia sampai Agustus 2022 berjumlah 16,1 juta investor. Padahal pada akhir tahun 2021, total investor aset kripto hanya 11,2 juta yang menandakan investor kripto naik sekitar 43,75% pada Januari-Agustus 2022.

CEO Indodax, Oscar Darmawan emberikan respons terhadap keterangan resmi Bappebti ini. Menurutnya, dengan kenaikan jumlah investor kripto yang signifikan menandakan investasi aset kripto masih diminati masyarakat. “Meski di tahun 2022 ini market aset kripto sedang masuk fase winter, nyatanya peminat investasi kripto banyak, ini dibuktikan dengan penambahan jumlah investor aset kripto,” kata Oscar dalam keterangan resmi, Rabu (12/10/2022).

Menurutnya, saat market bearish merupkaan momen yang bisa dimanfaatkan investor aset kripto baik investor lama atau baru untuk mengumpulkan portofolio asetnya dengan harga miring. Selanjutnya bisa dijual kembali saat harga naik 2-3 tahun lagi. “Dengan jumlah investor tembus 16,1 juta investor, bukan tidak mungkin di tahun 2023 mencapai 20 juta investor,” jelas Oscar.

Bappebti juga merilis total nilai transaksi pada Januari-Agustus 2022 yang tercatat Rp 249,3 triliun. Meskipun mengalami penurunan 50% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, Oscar melihat hal Ini merupakan sesuatu yang wajar. Indodax sebagai crypto exchange tertua di Indonesia sejak 8 tahun lalu sudah mengalami fase market bearish lebih satu kali. Penurunan nilai transaksi saat market bearish adalah hal wajar apalagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya dimana market sedang bullish

“2021 merupakan tahun saat harga aset kripto sedang tinggi-tingginya. Bahkan Bitcoin dan Ethereum menyentuh all time high lebih satu kali. Nilai transaksi di tahun 2021 jauh lebih besar selain karena harga aset kripto yang sedang bullish, faktor banyaknya orang yang transaksi dan take profit pun banyak,” jelasnya.

Melihat perkembangan pasar aset kripto di Indonesia yang semakin maju Oscar memprediksi bahwa ekosistem kripto di Indonesia semakin kokoh ke depannya.

“Saya melihat bahwa Bappebti selaku regulator sangat tanggap membuat peraturan terkait aset kripto, seperti pengaturan aset kripto mana saja yang bisa diperdagangkan, menyetop izin exchange kripto baru-baru ini, dan peraturan lainnya yang terus diperbarui setiap waktu. Saya berharap, dengan regulasi yang dikeluarkan Bappebtidapat membuat investor aset kripto di Indonesia semakin aman dan nyaman khususnya ketika bertransaksi di exchange lokal yang sudah teregulasi Bappebti,” lanjut Oscar.

Untuk memperkokoh ekosistem kripto di Indonesia, Oscar berharap pemerintah segera meresmikan bursa berjangka kripto untuk membantu pengawasan transaksi jual beli aset kripto di exchange kripto teregulasi Bappebti.

“Sebagai pelaku industri, saya mendukung pembentukan bursa berjangka ini karena prospek bursa kripto sangat bagus dan bermanfaat, saya optimistis ini dapat memajukan ekosistem kripto di Indonesia menjadi jauh lebih baik,” kata Oscar.