Pelatihan Teknis Penyediaan dan Pengembangan Informasi Harga Komoditi bagi Pelaku Usaha PBK Logo Download PDF


Pelatihan Teknis Penyediaan dan Pengembangan Informasi Harga Komoditi bagi Pelaku Usaha PBK

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Dharmayugo Hermansyah mewakili Kepala Bappebti membuka dan memberikan arahan pada acara Pelatihan Pelaku Usaha Perdagangan Berjangka Berjangka (PBK) Komoditi Tentang Penyediaan dan Pengembangan Informasi Harga Komoditi di Lombok, Kamis (20/04). Turut hadir pada acara Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti Sri Hariyati, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (persero) Tris Sudarto dan perwakilan ASPEBTINDO.

Dalam arahannya, Dharmayugo menyampaikan bahwa untuk meningkatkan transaksi multilateral, Bappebti akan menjadi penyedia informasi harga yang datanya bersumber dari Pialang Berjangka yang berdomisili di sentra-sentra produksi komoditi primer yang telah dijadikan subjek kontrak berjangka. Harga komoditi tersebut akan disampaikan setiap hari melalui Sistem Informasi Harga Komoditi (SIHK) untuk diolah dan ditayangkan di situs Bappebti agar dapat diakses masyarakat.

Diskusi panel dipimpin oleh Kabag Penguatan PBK Bappebti, Sabri Usman. Pembicara terdiri dari perwakilan Bursa Berjangka dan Pialang Berjangka.

Kepala Divisi Informasi Teknologi PT Bursa Berjangka Jakarta, Lukas Lauw dan Direktur Utama PT Indonesia Clearing House, Nursalam mewakili PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia memberikan pemaparan tentang Peranan Bursa dalam Pengembangan Informasi Harga.

Direktur Utama PT Inter Pan Pasifik Futures, Natalie Ketaren dan Perwakilan desk commodity PT Victory International Futures, Ardiansyah menyampaikan strategi pengelolaan desk commodity.

Kabag Penguatan PBK Bappebti menyampaikan materi mengenai Sistem Informasi Harga Komoditi dan Simulasi Sistem IT dengan moderator Kabag Pengembangan Pasar Bappebti, Natalius Nainggolan.

Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti Sri Hariyati menjawab pertanyaan mengenai aturan terkait dengan industri PBK.

Peserta menyampaikan pertanyaan dan memberikan masukan tentang peningkatan transaksi multilateral dan pengembangan informasi harga komoditi.

Penyerahan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan peserta pelatihan teknis.

Peserta Pelatihan terdiri dari 100 peserta yang terdiri dari Direktur Utama Pialang Berjangka beserta staf yang menangani commodity desk. Pelatihan teknis ini membahas mekanisme penyediaan informasi harga komoditi, dimana Pialang Berjangka sebagai mitra kontributor harga ke Bappebti.

[Download PDF]