Kepala Bappebti Pantau Stok dan Harga Bapok Yogyakarta Logo Download PDF


Kepala Bappebti Pantau Stok dan Harga Bapok Yogyakarta
 
 
Kepala Bapebbti yang didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan DI Yogyakarta, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY dan Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK melakukan kunjungan ke pasar tradisional, ritel modern dan beberapa gudang penyimpanan bapok di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (18/4)
 
 
Kunjungan kerja bertujuan untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan barang pokok (bapok) menjelang Puasa dan Idul Fitri 2017/1438 H. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pasar Beringharjo yang terletak di Jalan Pabringan Yogyakarta. Dari pemantauan, harga gula pasir sudah sesuai target yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp 12.500/kg, sementara harga minyak curah dijual dengan harga Rp.10.000/liter dan minyak goreng kemasan Rp.13.000/liter. Harga daging sapi segar bervariasi, yaitu daging has dalam dan luar (kualitas I) Rp 120.000/kg, daging bahan rendang (kualitas II) dijual dengan harga Rp.115.000/kg, dan daging sop (kualitas III) dijual dengan harga Rp.80.000/kg. Dalam kesempatan tersebut rombongan juga mengunjungi Toko Segoro Amarto milik TPID DIY sebagai pasar penyeimbang harga bahan kebutuhan pokok, antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, dan telur ayam.
 
 
Selain pasar tradisional rombongan Kemendag juga mengunjungi retail modern Superindo yang terletak di Jalan Sultan Agung No.10, Yogyakarta. Dari pantauan Harga gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi beku di Superindo sudah sesuai dengan program Harga Eceran Tertinggi (HET), namun ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp.11.000/liter masih terbatas.
 
 
Tidak hanya pasar rakyat dan ritel modern yang menjadi perhatian Kemendag.  Rombongan juga mengunjungi gudang milik PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI)  dan Bulog di DIY.
 
 
Dalam kesempatan tersebut Kepala Bappebti juga melakukan konpers dengan wartawan di Gudang Bulog
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
[Download PDF]